Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan melakukan berbagai upaya yang komprehensif untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di Indonesia. Pengembangan kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, perencanaan, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Salah satu bentuk upaya atau pengembangan kemahasiswaan tersebut adalah memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa baik intra maupun antarperguruan tinggi yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM).

Pelaksanaan LKMM sangat erat memperhatikannya dengan kebijakan Kampus Merdeka, terutama pada pemenuhan hak mahasiswa untuk mengambil sebanyak 3 semester di luar prodinya. Perguruan tinggi wajib memberikan layanan terhadap mahasiswa yang akan mengambil haknya. LKMM dilaksanakan sesuai dengan jenjangnya yaitu LKMM Pra-Dasar, Dasar, Menengah dan Lanjut. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan LKMM untuk dapat dikonversikan ke dalam SKS mata kuliah sesuai dengan panduan kampus merdeka.

LKMM Pra-Dasar membekali mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sifat kreatif, inovatif, kritis, dan memposisikan diri secara efektif dalam organisasi kemahasiswaan. LKMM Tingkat Dasar membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan dengan perencanaan dan sistematika yang baik.

Akademi Manajemen Belitung merupakan salah satu perguruan tinggi di Belitung yang beroriantasi kepada pengembangan Ilmu pengetahuan baik ilmu-ilmu umum maupun ilmu-ilmu lainnya serta mewujudkan manusia yang berilmu, beriman dan beramal guna mencapai kesejahteraan hidup. Ikut serta dalam program pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.

Pada tanggal 26 sampai 27 Akademi Manajemen Belitung mengadakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa tingkat pradasar yang di laksanakan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan COVID 19 bertempat di Aula Akademi Manajemen Belitung. Kegiatan ini sebagai bentuk pengembangan kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, perencanaan, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

 

Jumlah peserta pada Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa sebanyak 40 orang yakni sebagian dari mahasiswa aktif jurusan Manajemen Administrasi dan Manajemen Informatika.

Materi pertama disampaikan oleh Pudir 1 bidang akademik Bapak Farid Wajdi S.Ag.,M.Si. Beliau menyampaikan materi tentang “Sifat Kristis”, moderator hari ini adalah Riana. Mahasiswa menyimak materi yang belau sampaikan dengan baik, tertib danlancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *